Wednesday, October 5, 2011

Vice Versa

"Manisnya hidup akan terasa setelah lelah berjuang."

Saya beneran lupa siapa yang nulis quote itu, tapi saya selalu ingat pesan yang tersimpan di dalamya. Jelas saya sangat setuju dengan quote itu, tapi gak sedikit juga sih dari mereka yang tidak berjuang dan tampak lebih senang, hidupnya pun jauh lebih manis.

Akhir-akhir ini, saya emang lagi bener-bener dipenjara sama tugas kuliah yang tidak sewajar biasanya. Bisa dibilang gak ada mata kuliah yang gak ada tugasnya. Iya iya, saya rada lebay. Jadi pastinya dari 10 mata kuliah yang saya ambil, cuma 3 mata kuliah yang belom ngasih tugas sejauh ini. Sementara 7 mata kuliah lain, dari awal semseter 5 dimulai, tugas tak henti-hentinya bergentayangan -_-

Sungguh, saya ngerasa semester 5 ini akan sangat berat dan melelahkan. Baru juga 3 minggu berlalu, tapi banyak sekali hal yang udah saya alami. Akhir-akhir ini saya sering banget begadang buat nyelesein tugas yang deadline nya rata-rata cuma seminggu. Bener-bener. Gara-gara begadang, saya sering ngerasa puyeng banget di kepala, kayak dikemplang pake monitor komputer layar cembung. Saya juga harus sangat berhemat karena jadwal kuliah dan kerja yang terselip-selip satu sama lain. Kerja-kuliah-kerja-kuliah-pulang-kerja-pulang. Begitulah setiap hari. Karena ini, saya harus lebih sering berjalan dari tempat kerja ke kampus. Mmm... saya gak tau pasti jaraknya, tapi saya janji, suatu saat nanti, saya akan mengihitung berapa langkah kaki yang harus saya produksi (???) selama perjalanan dari tempat kerja menuju kantor *toyor*. Soal kebiasaan harus jalan, ada beberapa hal yang membuat saya sedih.

Pada dasarnya, saya sangat suka jalan kaki. Pertama karena hemat biaya, kedua karena jalan kaki itu rasanya nyenengin. Pas jalan kaki sendirian, hal yang paling sering saya lakuin adalah berpikir tentang pencapaian dan kekurangan saya sekarang ini. Saya juga suka (dengan PDnya) ngerasa kalo setiap langkah kaki yang saya tempuh itu adalah langkah kaki yang muaranya itu LONDON :) Silahkan tertawa, saya gak mau bahas panjang lebar soal ini. Belom saatnya, sebenarnya :)

Namun, yang saya gak suka dari jalan kaki, kadang, saya harus jalan dibawah terik matahari di siang bolong. Panasnyaaaa... ampun-ampunan. Korbannya, kulit saya sekarang hitam se-legam-legamnya dan kering bersisik. Sebanyak apapun lotion yang saya teplok-teplokin di kulit, efeknya hampir gak keliatan. Tragis! Sangat tragis! Beberapa waktu lalu juga ada temen yang bilang, "Pit, makin item aja nih." Demi dunia dan akherat sodara-sodara, ini menyakitkan luar dalem. Nancep sampe ke palung hati, dan saya drop parah.

Saya sempet pengen berargumen tetang apa yang harus saya lalui dan apa yang harus saya lakukan sama dia. Biar dia bisa mikir dulu sebelum ngeluarin kata-kata menyebalkan sepanjang masa itu. Hkh. Tapi saya males. Berkali-kali saya paham kalo orang tuh gak bakalan bener-bener ngerti gimana rasanya sebelum tuh orang bener-bener ngejalalin. Saya cuma senyum. Jelas lah, senyum yang sangat amat dipaksakan! Parahnya, akhir-akhir ini saya juga sering menipu diri sendiri dengan mempertontonkan segala sesuatu yang berlawanan dengan hati saya. Sesuatu yang berarti sebaliknya. Apapun yang orang katakan tentang saya, saya senyum, biarpun saya sakit hati. Saya dikatain kurus, saya dikatain gosong, saya dikatain tonggos, saya dikatain gak rapi, saya dikatain awut-awutan, dan blawh blawh blawh. 

Percuma... saya tetap tidak akan bisa membuat mereka mengerti. Mereka gak bakal pernah ngerti kalo salam hidup ini, saya bukanlah orang yang selalu punya banyak pilihan yang kesemuanya menyenangkan. Yang selalu saya punya adalah kesempatan buat mengiyakan atau menolak. Sekali lagi, hanya kesempatan dan bukan pilihan-pilihan. Saya jarang sekali bisa memilih. Sangat jarang. Jika saya mengiyakan suatu kesempatan, mungkin konsekuensinya akan sangat berpotensi jadi bahan olok-olokan orang-orang. Saya stressed kalo masukin ke hati apapun perkataan orang.

Sampe saat ini, saya belom pernah ketemu sama orang yang benar-benar mengerti apa yang saya lakukan, selain diri saya sendiri. Biarpun kayak gini, saya gak akan berhenti nerusin perjuangan saya. Saya gak butuh komentar orang, saya cuma butuh mereka yang selalu menyemangati. Dan saya yakin, gak ada satu hal pun yang sia-sia. Saya yakin, bahwa hidup akan berubah, saya akan senang menikmati hasil dari apa yang udah saya kerjain selama ini.

Semoga Alloh selalu ada dalam hati kita :')


Pipit

No comments:

Post a Comment