Saturday, February 25, 2012

I’m in Love with “Book in Love”

Dua minggu yang lalu adalah minggu tersibuk saya. Tapi jujur, saya merasa sangat puas dan senang setelahnya. Ya, waktu itu saya diminta sama Mas Ginanjar TeguhIman buat jadi MC di acara “Book in Love” bareng sama Osy. Seperti biasa, saya langsung bilang “YA!”. Apalagi setelah dijelaskan konsep acara dan kegiatan-kegiatan di “Book in Love” ini, wah makin antusias rasanya.

Ternyata benar, kegiatan-kegiatannya sangat menyenangkan dan memuaskan. Gimana gak puas coba, acara ini diadakan dari tanggal 13 sampai 19 Februari dengan kegiatan yang berbeda setiap harinya.

Hari pertama, ada penampilan dari teman-teman kampus saya, teater dari Bengkel SeniUniversitas Tidar Magelang. Sumpah, kocak banget penampilan mereka! Banyak penonton yang terpingkal-pingkal selama menonton, termasuk saya hehe.

Hari kedua, ada nonton bareng film Ada Apa dengan Cinta. Kebetulan hari itu tepat diperingatinya 10 tahun AADC, film yang memang jadi stimulus reinkarnasi dunia perfilman Indonesia.

Hari ketiga, kita diskusi bersama Bapak Haryanto Corakh atau biasa disapa Cak Roto. Beliau adalah Program Designer film Emak Ingin Naik Haji. Tau kan? Yang pemeran utamanya sexy nya naujibillahiminzalik itu, Reza Rahardian. Awwwhhh, gantengnya gak punya toleransi dia! Obrolan dengan Cak Roto sangat menarik, apalagi beliau membagi banyak cerita dan pengalaman dalam menulis skenario film-film tanah air. Selain itu, beliau juga berbagi cerita tentang bukunya yang berjudul “Unlimited Love”.

Hari keempat, ada nonton bareng film Kambing Jantang. Tau lah ya film ini diangkat dari novel karangan Raditya Dika, penulis yang otaknya diluar batas kewajaran seorang manusia kalau menurut saya. Daya imajinasinya juga kadang terlalu konyol, tapi lucu banget!

Hari kelima, seneng banget bisa ketemu sama Brilliant Yotenega atau Mas Ega dari nulisbuku.com. Jadi, nulisbuku.com itu adalah situs yang mempermudah semua penulis buat menerbitkan bukunya dengan cara self-publishing. Saya dapat banyak sekali ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana cara menerbitkan buku selama diskusi ini. Lebih dari itu, saya merasa kepercayaan diri saya bertambah waktu Mas Ega bilang: “Semua orang bisa jadi penulis. Semua orang bisa menerbitkan bukunya sendiri.” Ah, benar-benar tidak rugi datang dan ikut diskusi ini.

Hari keenam, ada peluncuran buku dari tiga penulis Magelang. Ada Ginanjar Teguh Iman yang meluncurkan buku kumpulan cerita “Cerita Hujan” dan Andhika John Manggala yang meluncurkan “Soegito Times”. Dua buku itu bisa didapat di nulisbuku.com mulai bulan Maret. Setelah itu, ada diskusi bersama Lusia Dayu, penulis asli Magelang juga, yang sudah menerbitkan enam buku. Wow!

Hari terakhir, ini yang paling seru, ada diskusi bareng sama dua penulis nasional dari Gagas Media, Christian Simamora dan Orizuka. Setelah itu ada peluncuran antologi curahan hati “Dear, Love”. Nah, buku ini adalah kumpulan cerita yang lolos Dear Love Competition yang juga diadakan sama “Book in Love”. Saya termasuk salah satu dari 20 orang yang lolos. Bukunya bisa didapat di nulisbuku.com mulai bulan Maret. Beli ya! Hehe.

Selama acara Book in Love, ada juga bazar buku dari penerbit nasional, diantaranya Mizan dan Gagas Media. Buku-bukunya lengkap dan terjangkau. Kalau saya bandingkan dengan beberapa tempat lain, harga buku di bazar “Book in Love” ini lebih murah. 

Hmm... sayang sekali, pengunjung acara ini tidak banyak. Padahal saya pribadi merasa sangat beruntung bisa datang ke acara ini karena semua kegiatannya positif dan sangat bagus untuk anak-anak muda di Magelang. Apalagi, acara ini terbuka untuk umum dan GRATIS. Menurut saya, ketimbang tidur di rumah, mending datang ke “Book in Love”.

Oya, denger-denger dari koordinatornya, acara ini akan diadakan secara kontinyu. Wah, senang sekali. Semoga bisa mendatangkan penulis-penulis favorit saja juga buat berbagi ilmunya. Semoga peminat acara ini juga makin banyak.

After all, biarpun acara “Book in Love” ini baru yang pertama di Magelang, semuanya sukses dan memuaskan. Thank you, Mas Ginanjar Teguh Iman. Your creativity changes Magelang a lot! I love “Book in Love”, to be frank!

2 comments:

  1. Mmm saya yang berterima kasih karena sudah dibantu dengan sangat luar biasa juga. Saya suka energi kalian semua. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau ada kegiatan-kegiatan positif, mau banget aku diikutsertakan, Mas! :D

      Delete