Sunday, November 27, 2011

Selamat Hari Guru, Pacarku :')

Tanggal 25 November kemaren adalah peringatan hari guru. Dulu sih gak gitu ngaruh ya, paling cuma inget sama guru-guru spesial semasa saya sekolah. Cuman sekarang, berhubung pacar sendiri sudah berprofesi sebagai guru, jadi ada yang beda gitu. Lebih greng! (eh?)

Saya sangat suka berdiskusi & bercerita sama pacar. Kadang dia denger cerita saya tentang kuliah, kerja & kadang kita diskusi tentang berbagai hal yang ingin saya tau. Kalo pas giliran dia yang cerita, dia lebih suka cerita tentang kerjaan dibanding kuliah. Secara skripsinya masih magrok dan saya suka naek pitam kalo keinget itu. Mendidih dan meledak-ledak ujung-ujungnya. Hehehehe. Jadi wajar kalo dia lebih milih main aman dengan cerita tentang kerjaan.

Gak jarang pacar ngeluh soal kerjaannya. Tapi bukan karena dia capek ato kebanyakan kerjaan, atao bahkan soal gaji. Justru tentang mental para guru di sekolahnya yang seringkali gak manusiawi dan gak punya empati. Sebenernya, tanpa pacar bercerita panjang lebar, saya sudah bisa menilai dan menyimpulkan. Jadi pacar saya itu gak gampang. Saya pun mungkin gak bakal kuat.

Setau saya, jadi guru itu enak. Berangkat pagi jam 7 dan pulang paling pol jam 2. Setelah itu, pekerjaan-pekerjaan administratif lain bisa diselesaikan di rumah dengan santai. Tapi pacar saya kok ngoyo banget ya. Emang sih, pacar saya bukan PNS, tapi cuma guru honorer dengan gaji yang luar biasa minim. Wajar ya kalo gak bisa sesantai guru-guru yang udah PNS, tapi kok kerjaan yang dikasih menurut saya gak manusiawi.

Beberapa minggu yang lalu saya sempat marah-marah karena pacar hampir setiap hari pulang dari sekolah sehabis isya. Saya curiga dia cuma nongkrong sama temen-temen sesama honorer, maen PS, ketawa-ketiwi sambil ngerokok, pokoknya buang-buang waktu semata. Ternyata memang dia kerja. Mulai dari ngurusin ekskul dan lomba-lomba, kerjaan-kerjaan administratif, sampe latihan band buat lomba.

Hmmpphh.. Beberapa kali saya dengan hati-hati nanya ke pacar apa gak ada niatan buat keluar. Atas pertimbangan kuliah yang harus segera diselesaikan, saya rasa pacar lebih baik berhenti ngajar dulu dan fokus nyelesein skripsi. Tapi dia selalu menolak dan meyakinkan kalo skripsi akan selesai tepat waktu. Dia selalu bilang kalo diantara sekian banyak alasan buat keluar dari sekolahnya, ada satu alasan yang bikin dia pengen tetap bertahan; murid-muridnya. Ya, dia sayang sama murid-muridnya, yang biasa dia sebut sahabat-sahabatnya. Saya hampir nangis dengernya. Mungkin saya tidak akan pernah tau seperti apa rasanya, dan mungkin saya akan menganggap alasan pacar saya itu klise. Tapi saya tau dia gak bohong dan dia serius.

Dalam hati saya sangat senang dengan pilihan pacar saya. Bukan harta, bukan jabatan, bukan nama, tapi soal hati dan ketenangan yang dia dapet gak akan pernah tergantikan. Guru seharusnya seperti ini. Saya tau, pacar saya bukan guru yang sempurna, tapi saya juga tau kalo dia layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Saya sangat mencintainya.

No comments:

Post a Comment